
WORKSHOP PENGELOLAAN PENGADUAN : GRIEVANCE REDRESS MECHANISM (GRM) ICARE
Bogor, 28 November 2024 – Project Management Unit ICARE (PMU ICARE) menggelar workshop yang bertajuk Pengelolaan Pengaduan: Grievance Redress Mechanism (GRM) yang diagendakan selama 2 hari. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai mekanisme pengelolaan pengaduan yang efektif dan cepat dalam merespons keluhan dan pengaduan masyarakat atau stakeholder ICARE sebagai bagian dari kerangka pengelolaan lingkungan dan sosial (Environment and Social Framework/ESF).
Acara yang dihadiri oleh perwakilan Project Implementation Unit (PIU) di 9 Provinsi ini melibatkan praktisi/konsultan lingkungan dan sosial sebagai narasumbernya. Tim PIU BPSIP Jawa Timur diwakili oleh Indra Bagus Raharjo, SST.,M,Sc selaku ketua tim ESF. Workshop ini menjadi platform untuk memperkenalkan saluran pengaduan yang telah terintegrasi dalam website ICARE serta implementasi GRM yang transparan, adil, dan responsif.
Dalam sesi pembuka, Direktur ICARE Hadis Jayanti, menyampaikan pentingnya pengelolaan pengaduan yang efektif sebagai bagian dari peningkatan pelayanan yang inklusif dan transparan. Sementara itu, salah satu pembicara utama, Dr. Beata Ratnawati, konsultan lingkungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menjelaskan berbagai tahapan dalam pemenuhan dokumen pengelolaan lingkungan serta pengalaman praktisnya.
Adanya focal point saluran pengaduan berperan penting dalam tata kelola pengaduan yang terkait program ICARE ini. Pengelolaan GRM yang baik, mulai dari penerimaan pengaduan, verifikasi hingga penyelesaian yang cepat menjadi indikator efektifnya pengelolaan pengaduan sehingga resiko dan dampak lingkungan-sosial dari program ini dapat dimitigasi. Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan peserta dapat mengoperasionalkan saluran pengaduan keluhan secara terintegrasi.
Masyarakat umum ataupun penerima manfaat program ICARE dapat menggunakan saluran pengaduan melalui website ICARE dengan mengakses laman: https://icare.bsip.pertanian.go.id/grm-ticket/create